Pages

September 26, 2011

HATI-HATI! ADA PHISHING DI YAHOO! MESSNGER


Salah satu teknik yang paling mudah untuk menjerat korban phishing adalah menggunakan rekayasa social yang tepat. Kali ini yang jadi korban adalah para pengguna messenger,baik yahoo messenger maupun windows live manager(dulu MSN Massenger).pernah nggak anda dapat pesan di yahoo! Messenger dari kawan anda yang isinya seperti ini:"hey check my yahooo! Flicker account…uploaded some pics http://www.summer-picz.com" atau "hi there…. Come check my pictures…different kind of pcs of me WILD and CRAZY http://www.summer-picz.com".
Kalau anda klik, anda akan dibawa ke situs web yang seolah-olah milik yahoo! Messenger.anda diminta untuk memasukkanYahoo! ID dan password anda. situs web itu sesungguhnya bukan milik Yahoo! Itulah yang disebut phishing.
Jangan-jangan sekali-kali Anda masukkan Yahoo! ID anda berikut password nya. Karena kalau anda klik,akun Yahoo! Anda akan jebol!! Banyak sekali hal-hal yang dapat dlakukan dengan akun yahoo!anda.semua itu bisa dilakukantanpa sepengetahuan anda. E-mail Yahoo! anda bisa dipakai untuk mengirim spam atau fitnah.apalagi kalau anda memakai akun yahoo itu untuk menjadi administrator sebuah milis yang anggota nya sangat banyak. Orang bisa mengacak-acak isi milis dan mencuri data anggota milis.
Mengapa tertipu?
Kok keterlaluan banget yah,ada orang yang bisa tertipu begitu mudah? Jangan dulu berpikir seperti itu. Bisa jadi suatu saat anda kurang teliti dan anda menjadi korban selanjutnya.
Orang bisa tertipu karena pesan yang disampaikan biasanya berasal dari kawan. Anda bisa jadi percaya saja pada teman anda yang anda anggap tdak mungkin melakukan hal yang mencelakakan anda. Apalagi setelah link pada pesan diklik,muncul halaman situs web yang sekilas tampak milik yahoo!.
Meskipun itu datang dari teman anda,jangan dulu anda marah- marah kepadanya. Soalnya,pesan tersebut rupanya tidak dikirimkan oleh teman anda .kebetulan ,akun Yahoo teman anda sudah diketahui dan digunakan untuk mengirimkan pesan.
Kalau teman anda ada yang sudah jadi korban, segera minta teman anda untuk mengganti password akun yahoo nya.minta pula ia meneliti data akun yahoo nya.apakah informasi mengenai dirinya berubah? Kalo masih sesuai,"mungin" akun yahoo tersebut masih bisa digunakan tetapi kalau was-was karena akun nya pernah di jebol orang,bikin saja akun yahoo yang baru. Lengkapi login yahoo dengan "sign in seal" dan selalu perhatikan alamat situs web setiap kali memasukkan yahoo! ID dan password.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar